Dewi, Ida Ayu Agung Paramita Sinta (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPS BERMUATAN CERI-TA RAKYAT BALI BERBASIS PROFILE PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 5 TONJA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031063-COVER.pdf Download (702kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031063-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031063-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031063-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mencari tahu perancangan bangun e-modul bermuatan cerita rakyatt yang melalui basis profile pembelajaran Pancasila kepada murid dikelas V pada SDN 5 Tonja Denpasar, guna mencari tahu adanya layak atau tidak e modul dengan muatan cerita rakyat dengan basis profile pembelajaran Pancasila dengan materi berkenalan dengan bumi kita diamati melalui pengujian pakar isi, pakar design serta media, bahasa, perindividuan maupun grup kecil dikelas V SDN 5 Tonja Denpasar. Selanjutnya guna mencari tahu keefektivan modul elektronik dengan muatan cerita rakyat bali dengan basis profile Pembelajaran Pancasila dalam materinya yakni mengadakan pengenalan bersama bumi serya Indonesia ku kaya raya kelas V di SDN 5 Tonja Denpasar. Pada riset ini mengembangkan model Dick and Ceray yang mana mengumpulkaan pendataan yang diadakan melalui tes serta angket yang tekniknya dalam menganalisa melalui pendeskripsian kuantitatif serta kualitatif maupun statistika inferensial. Hasilnya melalui riset ini ialah perancangan bangun E-Modul IPS menggunakan 10 langkah Dick and Carey meliputi mengadakan identifikasi sasaran belajar, mengadakan analisa instruksional, analisa siswa serta konteksnya, mengadakan perumusan sasaran belajar, mengadakan pengembangan intrumen tes, mengevaluasi formatif, merevisi terhadap kegiatan, mengadakan perancanggan pengevaluasian sumatif. (2) Media e modul dikatakan memiliki kelayakan melalui evaluasi pengujian pakar isi mapel senilai 92% melalui kualifikasinya sangat baik, pengujian pakar media 95% kualifikasinya sangat baik, pakar bahasa senilai 95% kualifikasinya sangat baik, pengujian perindividunya senilai 94,16% kualifikasinya sangat baik, pegujian group kecil senilai 90% kualifikasinya sangat baik. (3) mengacu dalam hasil pengujian t diperoleh nilai signifikansi diatas 0,05 dengan demikian hipotesis nol mengalami penolakan serta hipotesis pada riset ini diterima. Dengan demikian ditarik simpulan bahwasannya e-modul bermuatan cerita rakyat Bali dengan basis Profile Pelajar Pancasila memiliki keefektifan dalam peningkatan kompetensi serta minat pembelajaran murid dimateri berkenalan dengan bumi kita dan indonesiaku kaya raya muatan pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : E-Modul, Cerita Rakyat Bali, Profile Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Agung Paramita Sinta Dewi |
Date Deposited: | 24 Feb 2024 04:10 |
Last Modified: | 24 Feb 2024 04:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19447 |
Actions (login required)
View Item |