Udianti, Luh Dian Ananta (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA AUGMENTED REALITY BUDAYA BALIKU TOPIK ALAT MUSIK TRADISIONAL PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031028-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031028-ABSTRAK.pdf Download (656kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (595kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (575kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031028-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rancang bangun Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku, (2) validitas Buku Cerita Augmented Reality Budaya, (3) kepraktisan produk Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku, dan (4) efektivitas produk Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku topik alat musik tradisional pada materi indonesiaku kaya budaya untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t berkolerasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) Rancang bangun media Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku yang menghasilkan Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku dalam bentuk cetak dengan kertas Artpapper ukuran A5 yang memuat materi tentang alat musik tradisional khas Bali yang dilengkapi dengan QR Code yang dapat di scan menggunakan Google lens (2) Media Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian uji ahli isi/materi pembelajaran sebesar 0,97 (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 0,88 (sangat baik) (3) Media Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku dinyatakan praktis berdasarkan hasil penilaian uji coba siswa sebesar 3,81 (sangat baik) dan uji coba guru sebesar 3,9 (sangat baik), dan (4) efektivitas penggunaan media Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku topik alat musik tradisional pada materi indonesiaku kaya budaya dapat meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SD Negeri 3 Baluk (nilai t_hitung = 10,31 dan signifikansi < 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, Augmented Reality, buku cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Dian Ananta Udianti |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 02:05 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 02:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19462 |
Actions (login required)
View Item |