PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII HATTA SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Maharani, I Dewa Ayu Indah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII HATTA SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014041012-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014041012-ABSTRAK.pdf

Download (717kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014041012-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014041012-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014041012-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041012-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2014041012-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014041012-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Hatta SMP Negeri 4 Singaraja melalui model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Hatta SMP Negeri 4 Singaraja dengan jumlah orang siswa sebanyak 32 orang. Hasil belajar siswa dinilai pada ketiga ranah yaitu, pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengevaluasi hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif (kualitatif). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam dua kali siklus tindakan telah terjadi peningkatan hasil belajar secara signifikan. Pada siklus I dan siklus II telah terjadi peningkatan sebanyak 15,31%. Penelitian ini memberikan implikasi mengenai model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: I DEWA AYU INDAH MAHARANI
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:38
Last Modified: 07 Mar 2024 02:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19497

Actions (login required)

View Item View Item