Antari, Ni Luh Putu Tina (2024) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN, TANGGUNG JAWAB, DAN CINTA DAMAI PADA SISWA DI SMP NEGERI 3 SELEMADEG TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014041010-COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014041010-ABSTRAK.pdf.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (375kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014041010-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (257kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014041010-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peranan guru dalam meningkatkan karakter disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai pada siswa di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur; (2) kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan karakter disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai pada siswa di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur; (3) upaya guru dalam meningkatkan karakter disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai pada siswa di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa gambaran peranan guru dalam meningkatkan karakter disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, lalu diuji keabsahan data kemudian data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1). Guru dalam meningkatakan karakter disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai pada siswa sudah berperan baik dengan dapat berperan sebagai contoh, menginspirasi, memotivasi , membimbing, mengevaluasi, dan mengoreksi perilaku siswa, memfasilitasi, serta memberikan informasi mengenai karakter yang baik, (2). Untuk mencapai itu guru menghadapai kendala seperti diri siswa, kurangnya kolaborasi antara orang tua, lingkungan pertemanan siswa, dan beban kerja guru, (3). Sehingga upaya yang dapat dilakukan guru bersama sekolah dengan berkolaborasi, menciptakan suasana kondusif, peraturan, hukuman, penghargaan, dan melakukan pembiasaan, layanan BK , kegiatan ekstrakurikuler serta program sekolah yang membantu dalam hal tersebut. Penelitian ini memberikan implikasi terkait gambaran peranan guru dalam meningkatkan karakter disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai pada siswa. Kata Kunci : Peranan Guru, , Disiplin, Tanggung Jawab, Cinta Damai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru, Disiplin, Tanggung Jawab, Cinta Damai |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Tina Antari |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 02:35 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 02:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19501 |
Actions (login required)
View Item |