Hasanah, Esther (2024) STRATEGI PENANGANAN PERILAKU MENYIMPANG SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014041023-COVER.pdf Download (622kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014041023-ABSTRAK.pdf Download (481kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (510kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014041023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014041023-LAMPIRAN.pdf Download (793kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor penyebab, (2) minat belajar dan (3) strategi penanganan perilau menyimpang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif melibatkan pengumpulan data berbagai sumber seperti wawancara, observasi, dokumen dan rekaman. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata Pelajaran PPKn dan guru agama hindu di SMP Negeri 1 Sawan. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor penyebab perilaku menyimpang yaitu melalui faktor eksternal (keluarga, masyarakat dan juga sekolah) dan internal (diri sendiri ). (2) secara umum minat belajar siswa yang melakukan perilaku menyimpang sudah pasti menurun, dalam penurunan minat belajar siswa lebih banyak siswa yang mengalami penurunan minat belajar dari faktor keluarga dan lingkungan. (3) strategi yang dapat dilakukan untuk menangani perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa untuk meningkatkan minat belajar yaitu dengan cara melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada siswa yang mengalami penurunan minat belajar akibat perilaku menyimpang dan guru harus lebih kreatif didalam kelas dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis game agar siswa tidak bosan dan pembelajaran tidak monoton.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Penanganan, Perilaku Menyimpang, Minat Belajar. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Esther Hasanah |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 02:43 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 02:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19513 |
Actions (login required)
View Item |