DEVELOPING E-STORYBOOK BASED ON THE MERDEKA CURRICULUM FOR 6th GRADE STUDENTS OF SDN 1 BAKTISERAGA

Sumbertada, Ketut (2024) DEVELOPING E-STORYBOOK BASED ON THE MERDEKA CURRICULUM FOR 6th GRADE STUDENTS OF SDN 1 BAKTISERAGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012021072-COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021072-ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2012021072-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI)
2012021072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021072-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021072-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021072-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mencakup eksplorasi terhadap pengembangan E-storybook bahasa Inggris sebagai media pembelajaran tambahan dan juga kualitas E-storybook yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli dan pengguna. Pengembangan E-storybook ini dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan media pembelajaran yang memadai dan sebagai salah satu acuan atau media rujukan bagi para pendidik dalam proses belajar mengajar pembelajaran bahasa Inggris. Maka dalam tantangan ini peneliti mengusulkan E-storybook sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar yang melibatkan E-storybook berbahasa Inggris, dengan sampel penelitian siswa kelas 6 SD dan seorang guru bahasa Inggris. Metode penelitian pengembangan E-storybook ini adalah metode pengembangan dengan menggunakan model ADDE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation), sehingga menghasilkan E-storybook yang memenuhi kriteria sangat baik. Dimana hasil penilaian ahli dan pengguna mengkategorikan E-storybook pada kriteria sangat baik dengan memperoleh skor 5 pada setiap komponen penilaian. Respon positif juga ditunjukkan siswa dan guru terhadap produk ini terlihat dari wawancara siswa dan guru yang juga menunjukkan ketertarikan dan kesesuaian E-storybook yang dikembangkan dengan kurikulum dan materi pembelajaran yang diberikan guru selama proses pembelajaran. Produk ini menunjukkan bahwa E-storybook ini dapat digunakan atau diterapkan dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku cerita elektronik Pembelajar Muda Pengembangan Materi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: KETUT SUMBERTADA
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:35
Last Modified: 27 Mar 2024 05:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19563

Actions (login required)

View Item View Item