Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi di Kelas X SMA Negeri Bali Mandara

Widiastari, I Gusti Agung Mas (2024) Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi di Kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011020-COVER.pdf

Download (309kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012011020-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012011020-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi pada materi teks laporan hasil observasi di kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia dan peserta didik X sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah proses, kendala, dan respon peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi serta teknik analisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, proses pembelajaran dirancang oleh guru dengan menyusun perangkat yang akan dipergunakan saat mengajar, menentukan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan, dan menentukan evaluasi pembelajaran yang akan dipergunakan saat mengajar. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan strategi atau komponen dari pembelajaran berdiferensiasi, yaitu terdapat diferensiasi proses, konten, produk, dan lingkungan belajar. Pembelajaran dilaksanakan dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan adalah evaluasi tes dan nontes. Kedua, kendala dalam pembelajaran dialami oleh guru dan peserta didik. Ketiga, respon yang diberikan peserta didik terkait pembelajaran termasuk tanggapan positif dengan persentase 96,66%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: diferensiasi, kurikulum merdeka, teks LHO.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Mas Widiastari
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:36
Last Modified: 27 Mar 2024 05:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19564

Actions (login required)

View Item View Item