Pengaruh Penggunaan Majalah Dinding sebagai Media Publikasi terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas X di SMA N 1 Seririt

Jayani, Luh Sri Asih (2024) Pengaruh Penggunaan Majalah Dinding sebagai Media Publikasi terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas X di SMA N 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011002-COVER.pdf

Download (302kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011002-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 2 PENDAHULUAN)
1712011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011002-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah kurangnya motivasi yang diberikan guru, serta hasil belajar menulis puisi yang belum mencapai maksimal. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil belajar menulis puisi dari siswa kelas X di SMA N 1 Seririt setelah menggunakan majalah dinding sebagai media publikasi. Metode penelitian ini menggunakan post-test only design group. Hasil belajar menulis puisi dari kelas eksperimen menunjukkan mean sebesar 68.22, median sebesar 69.10, standar deviasi sebesar 8.751, varians sebesar 76.582, nilai minimum sebesar 55, serta nilai maximum sebesar 95.Perbandingan kedua rata-rata kelas menunjukkan adanya perbedaan sebesar 3,184 dengan nilai rata-rata siswa di kelas kontrol ialah 65,04 dan kelas eksperimen ialah 68,22. Adanya perbedaan ini menunjukkan adanya pengaruh yang diberikan melalui penerapan majalah dinding sebagai sarana publikasi hasil karya menulis puisi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Luh Sri Asih Jayani
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:56
Last Modified: 27 Mar 2024 06:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19565

Actions (login required)

View Item View Item