Novayanti, Ni Kadek Diah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC UNTUK MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SDN 1 DAWAN KLOD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031129-COVER.pdf Download (595kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031129-ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031129-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (290kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031129-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031129-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031129-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031129-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031129-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031129-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui rancang bangun pengembangan media pembelajaran e-comic, validitas dan kepraktisan media pembelajaran e- comic di mata pelajaran IPAS dengan topik materi “Melihat Karena Cahaya” kelas V di SDN 1 Dawan Klod. Penelitian ini ialah tipe penelitian Research and Development (R&D) memakai model pengembangan 4D (Four- D). Subjek dari penelitian ini adalah pihak yang melakukan uji validitas (ahli media dan ahli materi) serta uji kepraktisan (guru dan siswa). Adapun ahli media serta ahli materi yang digunakan sebagai subjek uji coba ialah dosen di Universitas Pendidikan Ganesha. Metode pengumpulan data memakai wawancara serta kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil rancang bangun menghasilkan media pembelajaran e- comic yang ditampilkan melalui website flipbook. Media pembelajaran e-comic di materi melihat karena cahaya yang dihasilkan telah teruji valid sama 2 ahli media atas persentase kevalidan 86,84%, serta 2 ahli materi atas persentase kevalidan 95% serta teruji sangat praktis sama guru wali kelas V dengan persentase kepraktisan 96%, uji perorangan dengan 3 orang siswa memperoleh persentase kepraktisan 76% (praktis) dan uji kelompok kecil dengan 6 orang siswa memperoleh persentase kepraktisan 76% (praktis). Dari hasil tersebut bisa diambil kesimpulan kalau media pembelajaran e-comic pada mata pelajaran IPAS di materi “Melihat Karena Cahaya” di kelas V sangat valid serta praktis dipakai selaku media pembelajaran pada kelas dan menambah ketersediaan media pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Media Pembelajaran, Media E-comic, Melihat Karena Cahaya, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Diah Novayanti |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 00:09 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 00:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19609 |
Actions (login required)
View Item |