PENGARUH MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN PADA MUATAN IPAS SD KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI GUGUS V KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Sriapnika, Ni Wayan (2024) PENGARUH MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN PADA MUATAN IPAS SD KELAS IV TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI GUGUS V KECAMATAN BANGLI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031150-COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031150-ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031150-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (552kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031150-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031150-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031150-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031150-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031150-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031150-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model meaningful instructional design pada muatan IPAS SD Kelas IV terhadap hasil belajar siswa di Gugus V Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian digunakan adalah non-equivalent post-test only kontrol group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdapat di Gugus V Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan Teknik simple random sampling, hingga memperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 3 Kayubihi sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 23 siswa. Kelompok yang ditetapkan sebagai kelompok kontrol adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Pengotan dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Data hasil belajar IPAS dikumpulkan dengan menggunakan metode tes berupa tes objektif pilihan ganda. Data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis statistik dan teknik analisis inferensial (uji-t). Berdasarkan data yang diperoleh telah menunjukkan hasil bahwa rata-rata skor post-test kelompok eksperimen adalah 11,78, sedangkan rata-rata skor post-test ¬kelompok kontrol adalah 8,57. Berdasarkan hasil analisis inferensial (uji-t) diperoleh = 3,902 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 47 adalah 2,011. Hal tersebut dapar diartikan bahwa = 3,902 > = 2,011, sehingga ditolak dan diterima. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model meaningful instructional design pada muatan IPAS SD kelas IV terhadap hasil belajar siswa di Gugus V Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: meaningful instructional design, hasil belajar, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Sriapnika
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:52
Last Modified: 19 Apr 2024 02:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19614

Actions (login required)

View Item View Item