PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MUATAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TONJA DENPASAR

Artanadi, Ni Putu Ayuni (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MUATAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TONJA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031110-COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031110-ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031110-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (482kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031110-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031110-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031110-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031110-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031110-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun, (2) validitas isi, desain, media, uji perorangan, uji kelompok kecil serta (3) efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis project based learning muatan IPAS materi kekayaan budaya Indonesia untuk siswa kelas IV di SD Negeri 2 Tonja Denpasar. Subjek uji coba menggunakan 28 orang siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa: (1) kualitas hasil uji rancang bangun diperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil uji ahli isi media diperoleh skor 97,72% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahli desain pembelajaran diperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahli media pembelajaran diperoleh skor 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perseorangan diperoleh skor 97,50% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 95,83% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil efektivitas produk diperoleh dari uji statistik uji-t yakni t-hitung = 15,801 untuk db = 27 dan taraf signifikansi 5% diperoleh angka t-tabel = 1,703. Maka thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis project based learning. Dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran interaktif berbasis project based learning efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi kekayaan budaya Indonesia untuk iswa kelas IV di SD Negeri 2 Tonja Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: media pembelajaran interaktif, project based learning, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Ayuni Artanadi
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:32
Last Modified: 24 Apr 2024 04:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19624

Actions (login required)

View Item View Item