Sunantara, I Nyoman Gede Raka Adi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI MENGENAL BANGUN DATAR KELAS I DI SD NEGERI 2 TONJA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031128-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031128-ABSTRAK.pdf Download (660kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031128-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (627kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031128-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031128-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031128-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031128-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031128-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (724kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031128-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Riset ini diselenggarakan sebab Guru kelas I yang ditemukan di SD Negeri 2 Tonja, Kecamatan Denpasar Utara belum mampu memanfaatkan media pembelajaran yang dilakukan pada muatan matematika materi mengenal bangun datar dalam melakukan proses kegiatan pembelajaran, sebab diketahui sebelumnya hanya menerapkan metode ceramah dengan hanya didukung oleh sarana berupa buku ajar, sehingga hal ini dinilai kurang mampu efektif dalam membangkitkan atau meningkatkan motivasi belajar dari para peserta didik. Riset ini memiliki maksud guna dipakai melakukan pengujian efektivitas media flipbook dengan berbasis etnomatematika materi mengenal bangun siswa kelas I SD. Dalam riset ini memakai subjek yang mencakup adanya ahli materi/isi, ahli desain, ahli media pembelajaran, dan juga didukung oleh bantuan 28 siswa dijenjang kelas I. Model ADDIE dipilih oleh pihak peneliti dalam riset ini. Dalam melakukan pencarian dan pengumpulan data, maka memakai kuesioner dan juga tes, analisis data mempergunakan teknik deskriptif kuantitatif dan juga analisis statistik inferensial. Hasil rancang bangun mendapatkan nilai 90,90%. Hasil uji oleh ahli dan pengguna memperlihatkan kualifikasi sangat baik. Uji coba perseorangan dan kelompok kecil juga mampu memberikan hasil dengan penilaian kualifikasi sangat baik, maka mengindikasikan adanya tanggapan respon yang arahnya positif pada media ini. Analisis efektivitas produk dengan memakai uji statistik berhasil memperlihatkan ditemukan adanya ketidaksamaan secara signifikan sebelum dan sesudah memakai media. Hasil ini memberikan makna bahwa media dinilai efektif dalam membantu peningkatan pemahaman materi mengenal bangun datar. Dengan demikian, maka disimpulkan bahwa media flipbook berbasis etnomatematika efektif dalam pembelajaran materi mengenal bangun datar pada siswa kelas I SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: flipbook, etnomatematika, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Gede Raka Adi Sunantara |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:35 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19625 |
Actions (login required)
View Item |