KOMPARASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP

Karistiawati, Ni Komang Ema (2024) KOMPARASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013071017-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013071017-ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013071017-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian Pretest - Posttest Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rendang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 246 siswa yang tersebar ke dalam 8 kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut. (1) Analisis uji-t menunjukkan nilai t sebesar 4,295 dan signifikansi (2-tailed) kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak Ha diterima. Ini berarti secara statistik terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning. (2) Secara deskriptif rerata keterampilan berpikir kritis kelompok eskperimen I yang menggunakan model Problem Based Learning sebesar 81 (kategori baik) lebih unggul dibanding kelompok eksperimen II yang menggunakan model Discovery Learning dengan rerata sebesar 72 (kategori cukup). Hal ini menunjukkan bahwa hasil komparasi terevaluasi model Problem Based Learning lebih unggul dari model Discovery Learning, khususnya pada materi Sistem Pernapasan Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Model Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Sistem Pernapasan Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ni Komang Ema Karistiawati
Date Deposited: 06 May 2024 04:44
Last Modified: 06 May 2024 04:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19680

Actions (login required)

View Item View Item