PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 7 PEDUNGAN

Indraswari, Kadek Ayu (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 7 PEDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031170-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031170-ABSTRAK.pdf

Download (629kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031170-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (627kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031170-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031170-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031170-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031170-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031170-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031170-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan desain, kesesuaian, dan keberhasilan E-Modul Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 7 Pedungan. Dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Data dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda dan kuesioner. Metode analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tahapan pengembangan Dick dan Carey dalam pengembangan telah dipenuhi, (2) Kelayakan media E-Modul Pendidikan Pancasila ditunjukkan oleh hasil uji ahli isi dengan skor 95%, uji ahli bahasa dengan skor 93,33%, uji ahli desain instruksional dengan skor 98,33%, uji coba individu dengan skor 91,66%, dan uji coba kelompok kecil dengan skor 92,77%. Seluruhnya memenuhi persyaratan “sangat baik”. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Modul Pendidikan Pancasila digunakan dengan efektif pada siswa kelas IV di SD Negeri 7 Pedungan. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikan 0,001 dengan keputusan ≤ 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Pancasila.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Ayu Indraswari
Date Deposited: 13 May 2024 07:00
Last Modified: 13 May 2024 07:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19697

Actions (login required)

View Item View Item