KAWAGEDAN NGWACEN AKSARA BALI SISIA SMP NEGERI 6 SINGARAJA: SESELEH GRAFEM-FONEM

SAPUTRA, PUTU DANI ARYA (2024) KAWAGEDAN NGWACEN AKSARA BALI SISIA SMP NEGERI 6 SINGARAJA: SESELEH GRAFEM-FONEM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
2012051012-COVER.pdf

Download (396kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012051012-ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012051012-BAB1 PENDAHULUAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 2 LANDASAN TEORI)
2012051012-BAB2 LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2012051012-BAB3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012051012-BAB4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012051012-BAB5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012051012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012051012-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aksara Bali memiliki sistem tulisan yang disebut dengan sistem tulisan abugida atau alfasilabis atau silabis. Sistem tulisan aksara Bali yang rumit menyebabkan munculnya berbagai permasalahan yang ditemui siswa ketika mempelajari aksara Bali. Sudah berbagai cara atau usaha yang dilakukan oleh pemerintah hingga para warga Bali untuk melestarikan aksara Bali. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan tentang: (1). kemunculan grafem pada kumpulan kosakata yang digunakan untuk tes membaca aksara Bali, (2). kemunculan fonem pada kumpulan koskata yang digunakan untuk tes membaca aksara Bali, (3). kemampuan membaca aksara Bali siswa SMP Negeri 6 Singaraja menggunakan analisis pemetaan grafem-fonem. Penelitian ini memiliki manfaat bagi semua pembaca khususnya manfaat praktis dan teoritis dalam mempelajari aksara Bali. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah keterampilan membaca, aksara Bali, dan sistem tulisan aksara Bali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang akan menjelaskan tentang kemampuan siswa membaca aksara Bali dengan menggunakan analisis pemetaan grafem-fonem. Subjek penelitian ini yaitu sample dari siswa kelas VII, VIII, dan IX. Objek penelitian ini yaitu kemampuan membaca aksara Bali dan transparansi grafem-fonem aksara Bali. Teknik pengumpulan data diawali dengan merekam siswa membaca aksara Bali, selanjutnya akan dijelaskan melalui kartu data berupa tabel. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dijelaskan lebih lanjut pada pembahasan. Data dari penelitian ini yaitu (1). Kemunculan grafem dari kumpulan kosakata yang digunakan pada tes membaca aksara Bali yaitu ada 24 jenis grafem dan jika digabung jumlahnya yaitu sebanyak 433. (2). kemunculan fonem dari kumpulan kosakata yang digunakan pada tes membaca aksara Bali yaitu ada 24 jenis dan jika digabung jumlahnya yaitu sebanyak 488. (3). kemampuan membaca aksara Bali siswa SMP Negeri 6 Singaraja menggunakan analisis pemetaan grafem-fonem yaitu sangat baik namun masih perlu ditingkatkan lagi. Dalam penelitian ini ditemukan berbagai temuan yang berkaitan dengan kesalahan siswa membaca aksara Bali. Pada penelitian ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan mengenai pembelajaran membaca aksara Bali yang perlu memperhatikan subleksikal dari kosakata yang dibaca agar unit tulisan dan unit bahasanya sesuai dibaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Grafem, Fonem, Aksara Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1)
Depositing User: Putu Dani Arya saputra
Date Deposited: 22 May 2024 07:47
Last Modified: 22 May 2024 07:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19764

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item