Sudewi, Ni Ketut Yuni Sri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN RENDANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031190-COVER.pdf Download (376kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031190-ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031190-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031190-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031190-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031190-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031190-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031190-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031190-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SD Gugus II Kecamatan Rendang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV Gugus II Kecamatan Rendang. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 1 Rendang dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV di SD Negeri 2 Rendang dengan jumlah siswa 27 orang sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran CC terhadap hasil belajar IPAS, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif muatan IPAS. Data dianalisis menggunakan deskripsi data dan uji prasyarat (uji-t). berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jika dilihat dari taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 diperoleh (dk) = 57, sehingga diperoleh thitung = 12.459 dan nilai ttabel = 1.672 jadi diperoleh thitung > ttabel dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran CC terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV Gugus II Kecamatan Rendang. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPAS, Model CC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPAS, Model CC |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Yuni Sri Sudewi |
Date Deposited: | 29 May 2024 01:50 |
Last Modified: | 29 May 2024 01:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19790 |
Actions (login required)
View Item |