PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA “AKU BERNAPAS” UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII

Vebri, Herti Nur (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA “AKU BERNAPAS” UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013071003-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013071003-Abstrak.pdf

Download (399kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071003-BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071003-BAB 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 MATODELOGI PENELITIAN)
2013071003-BAB 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071003-BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071003-BAB 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071003-Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013071003-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik, validitas, kepraktisan, dan tingkat keterbacaan modul elektronik IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tema “Aku Bernapas” untuk peserta didik SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dibatasi sampai tahap develop karena keterbatasan biaya dan waktu penelitian. Data hasil penelitian meliputi karakteristik, tingkat validitas, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan. Data diperoleh dengan menggunakan teknik penyebaran angket kepada subjek penelitian yaitu dua orang ahli satu orang dosen Pendidikan IPA dan satu orang dosen Pendidikan Biologi untuk uji validitas, tiga orang guru IPA kelas VIII di Kabupaten Buleleng untuk uji kepraktisan, dan lima belas orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri satu satap 3 Sukasada untuk uji keterbacaan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Karakteristik modul elektronik IPA berbasis inkuiri terbimbing, yaitu (1) menggunakan langkah-langkah model inkuiri terbimbing pada modul dan Lembar Kerja Peserta Didik, (2) Menggunakan model keterpaduan connected, (3) dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti contoh soal, soal latihan, LKPD, informasi tambahan, dan evaluasi, (4)bersifat interaktif, (5) berbentuk flipbook. Tingkat validitas modul elektronik IPA berbasis inkuiri terbimbing memperoleh skor 1,00 dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan memperoleh skor rata-rata 3,53 dengan kategori praktis, sedangkan untuk uji keterbacaan memperoleh skor rata-rata 4,42 dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan, modul elektronik berbasis inkuiri terbimbing dengan tema “Aku Bernapas” dinyatakan valid, praktis, dan terbaca sehingga dapat diuji ke tahap selanjutnya yaitu uji keefektifan. Kata Kunci: Modul Elektronik, Inkuiri Terbimbing, Aku Bernapas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik, Inkuiri Terbimbing, Aku Bernapas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Herti Nur Vebri Waruwu
Date Deposited: 28 May 2024 08:22
Last Modified: 28 May 2024 08:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19801

Actions (login required)

View Item View Item