PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD GUGUS VIII ABIANSEMAL

Putri, Ni Kadek Sandytya (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD GUGUS VIII ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031230-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031230-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031230-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031230-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031230-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031230-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031230-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031230-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031230-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan menulis berbasis literasi pada Kelas II SD Gugus VIII Abiansemal tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Gugus VIII Abiansemal Tahun Pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah populasi 216 orang siswa dari 8 sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan instrument yang digunakan adalah tes esai dengan jumlah soal 1. Setelah diberikan perlakuan sebanyak 6 kali, pada tahap akhir eksperimen baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan post-test untuk memperoleh data keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia siswa. Dari hasil analisis diperoleh hasil thitung = 3,03. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 28 + 28 - 2 = 54 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh tabel 2,000, karena thitung > ttabel (3,03>2,000), maka hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi berpengaruh terhadap keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia siswa kelas II SD Gugus VIII Abiansemal Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK SANDYTYA PUTRI
Date Deposited: 04 Jun 2024 23:56
Last Modified: 04 Jun 2024 23:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19873

Actions (login required)

View Item View Item