PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N GUGUS VIII ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2023/2024

Ratih Purnama Putri, Ni Komang (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD N GUGUS VIII ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031108_COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031108_ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031108_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031108_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031108_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031108_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031108_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031108_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031108_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT berbantuan konkret pembelajaran matematika (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada pembelajaran matematika (3) mengetahui pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe NHT berbantuan media konkret terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD N Gugus VIII Abiansemal. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD N Gugus VIII Abiansemal sebanyak 217 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang memperoleh kelas V SD No. 1 Sibanggede sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD No. 4 Sibanggede sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan yaitu tes uraian sebanyak 5 butir soal yang sudah divalidasi. Data kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan uji-t polled varians. Berdasarkan analisis data, diperoleh thitung = 3,84 > ttabel = 1,99656 pada taraf signifikansi 5% dan dk = (38 + 30 – 2) = 66, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT berbantuan media konkret dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada pembelajaran matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan model kooperatif tipe NHT berbantuan Media Konkret berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Matematika kelas V SD N Gugus VIII Abiansemal Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), media konkret, kemampuan berpikir kritis siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Ratih Purnama Putri
Date Deposited: 05 Jun 2024 08:54
Last Modified: 05 Jun 2024 08:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19881

Actions (login required)

View Item View Item