Pradnyani, Ni Putu Intan (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT SISWA KELAS IV SD NO. 1 BAHA BADUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031039-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031039-ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (279kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031039-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, serta efektifitas dari media pembelajaran E-modul berbasis pendekatan etnosains khususnya pada pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat siswa kelas IV SD. Subjek penelitian pengembangan E-modul berbasis pendekatan etnosains ini melibatkan 28 siswa kelas IV di SD No. 1 Baha. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa produk E-modul berbasis pendekatan etnosains dengan kualifikasi produk sangat baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat. Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 90,3% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 97,5% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 95,4% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan yang melibatkan tiga siswa kelas IV memperoleh skor 91,7% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil yang melibatkan sembilan siswa kelas IV memperoleh skor 93,3% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas yang melibatkan 28 siswa kelas IV memperoleh hasil t_hitung sebesar 14,94 dan harga t_tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,00 sehingga Hal ini berarti t_hitung > t_tabel sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan produk E-modul berbasis pendekatan etnosains. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis pendekatan etnosains layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat siswa kelas IV SD No. 1 Baha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, E-modul, Etnosains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Intan Pradnyani |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 08:48 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 08:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19945 |
Actions (login required)
View Item |