Darmiyanti, Putu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN MASALAH TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011007-COVER.pdf Download (767kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011007-ABSTRAK.pdf Download (957kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011007-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Salah satu hal utama yang wajib dikuasai siswa dalam proses belajar agar siswa mampu menerapkan ilmu yang dipelajari ialah pemecahan masalah matematis. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematika yang siswa miliki masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikarenakan rendahnya motivasi dan minat belajar, rendahnya tingkat rasa percaya diri siswa dalam memecahkan masalah matematika dan kurang maksimalnya guru dalam menerapkan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS berbantuan masalah matematika terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan post-test only control group design. Seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bangli sebanyak 318 orang siswa yang terbagi dalam 10 kelas merupakan populasi dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel berukuran 64 orang siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Uji kesetaraan kelas diuji berdasarkan nilai sumatif akhir semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t (Independent t-test) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang dilakukan, diperoleh t_hitung>t_tabel dimana rata-rata skor post test kemampuan pemecahan masalah siswa yang diperoleh oleh kelas eksperimen adalah 39,9375 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 23,8125. Pengujian hipotesis menghasilkan kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran SSCS berbantuan masalah matematika terbuka lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SSCS, Masalah Matematika Terbuka, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Darmiyanti |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 07:37 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 07:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19974 |
Actions (login required)
View Item |