PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI DENPASAR TIMUR TAHUN AJARAN 2023/2024

Widiantari, Ni Kadek (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI DENPASAR TIMUR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031262-COVER.pdf

Download (959kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031262-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031262-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031262-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031262-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031262-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031262-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031262-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031262-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Couple Card terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Denpasar Timur tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 163 seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Denpasar Timur. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 3 Kesiman sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 29 orang dan siswa kelas V SD Negeri 5 Sumerta sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes obyektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji-t Polled Varians. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pretest kelompok eksperimen 59.3 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 59.64 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 86.67 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 60.95 yang berada pada kategori sedang. Sesuai dengan hasil uji-t independent diperoleh nilai thitung sebesar 10.049. Adapun nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% pada uji satu arah dengan dk 55 adalah 2.00 maka perbandingan thitung > ttabel yaitu 10.049 > 2.00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Couple Card terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Denpasar Timur tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Couple Card, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Widiantari
Date Deposited: 13 Jun 2024 23:49
Last Modified: 13 Jun 2024 23:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19986

Actions (login required)

View Item View Item