PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TUTORIAL PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (BUTUTIK) TERHADAP KETERAMPILAN TEKNOLOGI GURU DI SD NO 1 CANGGU

Prawira, Mas Arya Natha (2024) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU TUTORIAL PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (BUTUTIK) TERHADAP KETERAMPILAN TEKNOLOGI GURU DI SD NO 1 CANGGU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031174-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031174-ABSTRAK.pdf

Download (620kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031174-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031174-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031174-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031174-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031174-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031174-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031174-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Buku Tutorial Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK (BuTutik) terhadap keterampilan teknologi guru di SD No 1 Canggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Exsperimen dengan jenis post test only control grup design. Desain penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada desain penelitian ini, menggunakan kelas eksperimen yang menerima perlakuan dan setelah diberikan perlakuan, post test dilakukan untuk kedua kelas. Populasi yang diangkat dalam penelitian ini adalah seluruh guru maupun staf yang ada di SD No1 Canggu. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, maka sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh guru SD No 1 Canggu. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi serta penilaian kinerja dan penilaian produk. Data hasil penilaian dikumpulkan dan dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic interefensial. Analisis statistika deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan dua data yang telah dikumpulkan yaitu hasil dari kelompok eksperimen dan kelompok control. Statistika interefensial digunakan untuk menarik kesimpulan dan menguji hipotesis. Mengacu pada analisis data yang telah dilakukan, hasil yang didapatkan adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan BuTutik terhadap keterampilan penggunaan teknologi guru di SD No 1 Canggu. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai thitung sebesar 6,55 dengan nilai probabilitas (p) sebesar 0,000, dimana thitung > ttabel (6,55 > 2,30) dan nilai probabilitas (p) < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan BuTutik terhadap keterampilan penggunaan teknologi guru di SD No 1 Canggu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bututik, Tutorial, Media Pembelajaran, Keterampilan Teknologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Mas Arya Natha Prawira
Date Deposited: 14 Jun 2024 00:45
Last Modified: 14 Jun 2024 00:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19988

Actions (login required)

View Item View Item