PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR PADA TEMA 1 HIDUP RUKUN

DWI ERY, KADEK (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR PADA TEMA 1 HIDUP RUKUN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031105_COVER.pdf

Download (550kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031105_ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1711031105_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1711031105_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1711031105_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031105_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1711031105_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031105_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031105_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran yang mencakup materi inti menjadi salah satu penyebab rendahnya minat belajar siswa. Ini menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi karena kurangnya variasi dan inovasi dalam media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengatasi masalah tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran "Fun Thinkers" untuk kelas II SD pada tema "Hidup Rukun". Pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Metode yang digunakan adalah kuesioner dengan skala penilaian (rating scale) dari responden. Validitas media diuji menggunakan teknik analisis data dengan rumus rata-rata skor. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas materi isi mendapat rata-rata skor 4,73, dan uji validitas media mendapat rata-rata skor 4,80, menunjukkan tingkat validitas yang tinggi. Tanggapan dari guru menunjukkan skor 94,5%, sedangkan tanggapan siswa menunjukkan skor 91,85%. Berdasarkan analisis tersebut, media pembelajaran "Fun Thinkers" untuk kelas II SD pada tema "Hidup Rukun" dinyatakan valid dan layak digunakan. Penggunaan media ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dengan pendekatan yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Fun Thinkers, Model ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dwi Ery
Date Deposited: 20 Jun 2024 00:01
Last Modified: 20 Jun 2024 00:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19991

Actions (login required)

View Item View Item