Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Soal Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SD Gugus III Kecamatan Mengwi

Putri, Ni Nyoman Triana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Soal Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SD Gugus III Kecamatan Mengwi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031279-COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031279-ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031279-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031279-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031279-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031279-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031279-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031279-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031279-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan soal Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Mengwi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen Semu (Quasi Experimental Design) dan desain Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V di gugus III Kecamatan Mengwi yang terdiri dari 7 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 175 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling, dengan komposisi sampel SD No 4 Sading sebanyak 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan sampel SD No 2 Sading sebanyak 25 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t dan diperoleh hasil thitung = 7,209 > ttabel = 1,675, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGT berbantuan soal TTS terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Mengwi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Teka-Teki silang (TTS), hasil belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Triana Putri
Date Deposited: 25 Jun 2024 00:15
Last Modified: 25 Jun 2024 00:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20129

Actions (login required)

View Item View Item