PENGARUH METODE STUDENT ACTIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS SRIKANDI DENPASAR TAHUN 2023/2024

Kintisari, Kadek Arisa (2024) PENGARUH METODE STUDENT ACTIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS SRIKANDI DENPASAR TAHUN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031119-COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031119-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031119-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031119-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031119-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031119-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031119-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031119-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031119-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Metode pembelajaran Student Active Learning merupakan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode student active learning berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar Kelas IV SD Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 457 seluruh siswa kelas IV SD Gugus Srikandi Denpasar. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumerta sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 13 Kesiman sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda. Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t) polled varians. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 18,033 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 15,286 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 24,400 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 22,300 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 16,554 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 63 adalah 1,998. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih dari t-tabel (16,554 > 1,998) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran ActiveLearning Berbantuan Media Interaktif terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV SD Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Active Learning, Media Interaktif, Kompetensi Pengetahuan IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Arisa Kintisari
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:23
Last Modified: 25 Jun 2024 07:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20140

Actions (login required)

View Item View Item