PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN PUPUAN

Trisnayanthi, Kadek Eny (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE CREATIVITY (CC) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD DI GUGUS VI KECAMATAN PUPUAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031185-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031185-ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031185-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031185-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031185-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031185-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031185-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031185-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031185-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Collaborative Creativity (CC) berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar IPAS kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent post test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Pupuan yang berjumlah 61 orang siswa. Sampel penelitian diperoleh secara simple random dengan cara diundi sehingga didapatkan kelas V SD N 2 Munduktemu yang berjumlah 15 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N 1 Munduktemu yang berjumlah 14 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes hasil belajar IPAS. Rata-rata hasil belajar IPAS kelompok eksperimen adalah 85,87 dan rata-rata hasil belajar IPAS kelompok kontrol adalah 70,86. Hasil analisis menggunakan uji-t pada aplikasi SPSS berdasarkan nilai sig. (2-tailed) diperoleh hasil yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “adanya perbedaan rata-rata nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dengan adanya perbedaan rata-rata tersebut, maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Collaborative Creativity (CC) berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar IPAS”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran collaborative creativity, E-lkpd, Hasil belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Eny Trisnayanthi
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:24
Last Modified: 25 Jun 2024 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20144

Actions (login required)

View Item View Item