Maharani, Ni Komang Ayu Wulan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS KELAS IV SD GUGUS 1 KECAMATAN RENDANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031176-COVER.pdf Download (814kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031176-ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031176-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031176-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031176-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031176-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031176-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031176-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031176-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi gaya belajar siswa terhadap minat belajar IPAS kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Rendang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV Gugus I Kecamatan Rendang. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 4 Nongan dengan jumlah siswa 14 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV di SD Negeri 5 Nongan dengan jumlah siswa 12 orang sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran problem based learning berorientasi gaya belajar siswa terhadap minat belajar IPAS, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan bentuk kuesioner muatan IPAS. Data dianalisis menggunakan deskripsi data dan uji prasyarat (uji-t). berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jika dilihat dari taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = n1+ n2 – 2 diperoleh (dk) = 24, sehingga diperoleh thitung = 13.632 dan nilai ttabel = 1.711. Jadi, diperoleh thitung > ttabel dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi gaya belajar siswa terhadap minat belajar IPAS kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Rendang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model problem based learning, Gaya Belajar, Minat Belajar IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Wulan Maharani |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 09:13 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 09:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20205 |
Actions (login required)
View Item |