Jayantara, I Nyoman Alit (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN KENAMPAKAN ALAM PEMANDANGAN KINTAMANI MUATAN MATERI IPAS KELAS V SD NO. 7 JIMBARAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031209-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031209-ABSTRAK.pdf Download (769kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031209-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (584kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031209-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031209-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (974kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031209-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031209-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031209-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (568kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031209-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun media video pembelajaran kenampakan alam Kintamani dengan materi ajar kenampakan alam pada siswa kelas V SD No 7 Jimbaran. (2) untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran kenampakan alam Kintamani dengan materi kenampakan alam ditinjau dari isi, desain, media, uji perorangan dan uji kelompok kecil pada siswa kelas V SD No 7 Jimbaran. (3) untuk mengetahui efektivitas media video pembelajaran kenampakan alam Kintamani dengan materi ajar kenampakan alam pada siswa kelas V SD No 7 Jimbaran. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dan kuesioner. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun media Video Pembelajaran dengan hasil penilaian rancang bangun dengan persentase 90,90 % (Sangat Baik). (2) kualitas video Pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran dengan Sebesar 88% (Baik), uji ahli desain intruksional sebesar 90% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 89,3% (Baik), uji coba perorangan sebesar 94% (Sangat Baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,11% (Sangat baik). (3) Efektivitas video pembelajaran berdasarkan hasil uji-t diperoleh t_hitung= 12,322 untuk dk 52 dan taraf signifikan 5% = 1,705 . Hal ini berarti t_hitung>t_tabel, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan Video Pembelajaran Kenampakan Alam Pemandangan Kintamani efektif digunakan pada materi Materi IPAS kelas V SD No 7 Jimbaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Video Pembelajaran, IPAS, Kenampakan Alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Alit Jayantara |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:22 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20210 |
Actions (login required)
View Item |