Pradnyandari, Putu Risma (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS 4 SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA JAJANAN PASAR DI SD NEGERI 1 SUMERTA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031109-COVER.pdf Download (670kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031109-ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031109-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031109-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031109-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031109-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas penggunaan E-LKPD interaktif. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan media ini adalah model ADDIE ( Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini antara lain ahli materi, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, 30 siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumerta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test dan non test. Metode non test berupa angket, wawancara, dan observasi. Metode test berupa test hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan di antaranya teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis data deskriptif kuantitatif, dan teknik analisis data statistik inferensial. Hasilnya E-LKPD interaktif pada materi bangun datar kelas 4 SD berbasis etnomatematika jajanan pasar di SD Negeri 1 Sumerta yang dikembangkan layak dan efektif diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 96,66% , ahli desain instruksional sebesar 90%, ahli media pembelajaran sebesar 97,5%, uji perorangan sebesar 94,44%, uji kelompok kecil sebesar 93,33%, uji kelompok besar sebesar 93%. Yang keseluruhan persentase skornya berkualifikasi sangat baik. Diperoleh uji efektivitas dengan uji-t diperoleh nilai sebesar 10,033 sedangkan pada taraf signifikansi (α) 5% dan dk= ( -1) = (30-1) = 29 diperoleh sebesar 2,045. Maka > ( 10,033 > 2,045 ) sehingga ditolak dan dapat diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan E-LKPD. Maka, E-LKPD interaktif pada materi bangun datar kelas 4 SD berbasis etnomatematika jajanan pasar efektif dan layak digunakan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumerta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKPD Matematika, Etnomatematika, Bangun Datar, Jajanan pasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Risma Pradnyandari |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 01:28 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20261 |
Actions (login required)
View Item |