Pratiyaksi, Ni Made Diantari (2024) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI LAJU REAKSI BERMUATAN BUDAYA LOKAL BALI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013031021-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013031021-ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013031021-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran kimia. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengembangkan video pembelajaran. Pembelajaran kimia dapat dikaitkan dengan fenomena nyata yang dapat diintegrasikan dengan budaya lokal sebagai menambah wawasan dan nilai cinta terhadap budaya yang dimiliki. Dalam implementasinya, budaya lokal masih jarang diintegrasikan dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menggunakan video pembelajaran pada materi laju reaksi bermuatan budaya lokal Bali. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh video pembelajaran laju reaksi bermuatan budaya lokal Bali terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan desain kuasi ekperimen dengan pretest-posttest non-equivalent control group design pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Negara tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI 8 (kontrol) tanpa video pembelajaran, XI 7 (eksperimen 1) menggunakan video dari Youtube, dan XI 6 (eksperimen 2) menggunakan video bermuatan budaya lokal Bali. Pembelajaran dilakukan secara tatap muka dengan penayangan video melalui Google Meet. Data hasil belajar siswa pada ranah kognitif dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan uji hipotesis proporsi satu sampel menggunakan software IBM Statistics versi 26, setelah dilakukan uji normalitas data dengan teknik Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran laju reaksi bermuatan budaya lokal Bali efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, video pembelajaran bermuatan budaya lokal Bali terbukti memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada aspek kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, budaya lokal Bali, hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ni Made Diantari Pratiyaksi |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:27 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20273 |
Actions (login required)
View Item |