Pamungkas, I Gusti Ngurah Restu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN VIDEO KONTEKSTUAL PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2013011028-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2013011028-ABSTRAK.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2013011028-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan video kontekstual pada materi statistika dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VIII SMP. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang dirancang dengan bantuan aplikasi PowerPoint yang terintegrasi dengan iSpring. Hasil dari penilaian ahli media mencapai angka 4,71 dan ahli materi mencapai angka 4,8 dengan kriteria sangat valid. Media pembelajaran diujicobakan kepada 32 peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Bangli. Hasil skor kepraktisan dari guru dan peserta didik dengan metode UEQ (User Experience Questionnaire) memperoleh skor rata-rata dari aspek Daya Tarik sebesar 2,00 (Unggul); Kejelasan sebesar 1,88 (Baik); Efisiensi sebesar 1,93 (Unggul); Keteguhan sebesar 1,82 (Unggul); Stimulasi sebesar 1,87 (Unggul) dan Kebaruan sebesar 1,90 (Unggul). Untuk memperoleh efektivitas, peneliti membandingkan hasil penskoran dari observasi aktivitas belajar sebelum peserta didik menggunakan media pembelajaran dan sesudah menggunakan media pembelajaran, dan diperoleh kesimpulan dengan tingkat efektivitas media pembelajaran yang sedang untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan skor gain 0,315. Adanya efektivitas ini harus selaras dengan peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep dengan hasil adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dalam memahami materi statistika dengan skor gain 0,464 dengan kategori sedang. Adanya kesimpulan, contoh, latihan soal dengan umpan balik, serta media pembelajaran mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik yang mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik secara mandiri dan kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dengan video kontekstual efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif, Video kontekstual, Aktivitas belajar peserta didik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ngurah Restu Pamungkas |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 05:16 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 05:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20293 |
Actions (login required)
View Item |