KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR GURU BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Sidqi, Dias Fajri (2024) KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR GURU BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011015_COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012011015_ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011015_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011015_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011015_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011015_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011015_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011015_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012011015_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi mengajar guru bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka, dan kendala serta solusi guru bahasa Indonesia saat mengadakan variasi dalam kurikulum merdeka di kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja dengan objek penelitian variasi mengajar guru bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka dan kendala serta solusi yang dialami oleh guru saat mengadakan variasi mengajar. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan variasi yang dilakukan guru bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka di kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja secara keseluruhan sudah bervariasi, yakni (1) variasi gaya mengajar yang meliputi variasi suara, gerak dan mimik, perubahan posisi, kesenyapan, pemusatan perhatian, dan kontak pandang, (2) variasi penggunaan media dan bahan ajar yang meliputi variasi media pandang, media dengar, dan audiovisual, (3) variasi pola interaksi yang meliputi pola interaksi satu arah, dua arah, dan multi arah. Kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Indonesia saat mengadakan variasi mengajar dalam kurikulum merdeka di kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja, yakni (1) guru kurang menguasai konsep pembelajaran pada kurikulum merdeka, (2) kurangnya sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran, dan (3) kurangnya partisipasi siswa. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi, yaitu berusaha mempelajari lebih lanjut konsep pembelajaran pada kurikulum merdeka, memanfaatkan sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran dan mengevaluasi kembali penerapan pembelajaran untuk menghindari kebosanan saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, variasi mengajar, kurikulum merdeka, bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Dias Fajri Sidqi
Date Deposited: 05 Jul 2024 04:01
Last Modified: 05 Jul 2024 04:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item View Item