PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII

Widyantari, Ida Ayu Putu (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013071028-COVER.pdf

Download (503kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013071028-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013071028-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013071028-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2013071028-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013071028-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013071028-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013071028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013071028-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan karakteristik, tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD IPA Berbasis Project Based Learning pada Materi Cahaya dan Alat Optik untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluations), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Development). Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli media dan ahli materi sebagai validator, 3 orang guru IPA sebagai praktisi, dan 10 orang siswa SMP kelas VIII sebagai subjek uji keterbacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan adalah instrumen uji validitas, uji kepraktisan dan uji keterbacaan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Karakteristik produk yang dikembangkan yaitu LKPD IPA berbentuk buku dan dicetak serta kegiatan pembelajaran dalam LKPD IPA menggunakan sintaks model pembelajaran Project Based Learning. Hasil uji validitas memperoleh nilai sebesar 1,00 dengan kategori validitas sangat tinggi. Hasil uji kepraktisan memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,16 dengan kategori praktis. Hasil uji keterbacaan memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,4 dengan kategori sangat terbaca. Berdasarkan hasil tersebut LKPD IPA berbasis Project Based Learning yang dikembangkan layak diuji ketahap selanjutnya yaitu tahap uji efektivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD IPA, Project Based Learning, Model ADDIE
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Ida Ayu Putu Widyantari
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:08
Last Modified: 08 Jul 2024 03:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20323

Actions (login required)

View Item View Item