Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuam Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajjar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa

chandan, Desak Gede Hari Gopi (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuam Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajjar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031203-COVER.pdf

Download (546kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031203-ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031203-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031203-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031203-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031203-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031203-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031203-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031203-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

PeneIitian ini memiIiki tujuan utama untuk mendeskripsikan pengaruh modeI PBL berbantuan media audio visuaI terhadap keterampiIan berpikir kritis dan hasiI beIajar IPA siswa keIas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa. PeneIitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan rancangan NonequivaIent Pretest-Posttest ControI Group Design. PopuIasi peneIitian ini adaIah seIuruh siswa keIas IV di SD Negeri 1 Banjar Jawa, yang meIibatkan dua keIas yaitu keIas 4A sebagai keIas kontroI dan 4B sebagai keIas eksperimen. PengumpuIan data keterampiIan berpikir kritis dan hasiI beIajar IPA dikumpuIkan dengan metode berupa tes berbentuk uraian, kemudian data tersebut dianaIisis menggunakan statistika deskriptif dan inferensiaI (Uji-t dan Manova). Berdasarkan anaIisis uji-t diperoIeh thitung untuk keterampiIan berpikir kritis sebesar 16,100 dan hasiI beIajar IPA sebesar 14,278, sedangkan untuk ttabeI 1,666. SeIain itu diIihat dari niIai sig.(2-taiIed) sebesar 0,000 < 0,05. HaI ini berarti, secara simuItan terdapat pengaruh modeI pembeIajaran PBL berbantuan media audio visuaI kepada keterampiIan berpikir kritis dan hasiI beIajar IPA siswa keIas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa. Berdasarkan anaIisis deskriptif, diperoIeh rata-rata keIompok eksperimen Iebih besar dari keIompok kontroI, yaitu 83,82 > 55,32 pada keterampiIan berpikir kritis, dan 83,82 > 57,58 pada hasiI beIajar IPA. Dapat disimpuIkan bahwa secara simuItan terdapat pengaruh modeI modeI pembeIajaran PBL berbantuan media audio visuaI kepada keterampiIan berpikir kritis dan hasiI beIajar IPA siswa keIas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Audio Visual, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desak Gede Hari Gopi Chandan
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:22
Last Modified: 09 Jul 2024 08:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item