PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA ADE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SESETAN

Adnyana, I Putu Subagia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA ADE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 SESETAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031211-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031211-ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031211-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031211-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031211-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031211-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031211-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031211-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031211-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga ADE (Alat Demonstrasi Ejaan) terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Kemampuan membaca permulaan adalah fondasi penting bagi kemampuan membaca lebih lanjut. Faktor internal seperti motivasi individu serta faktor eksternal seperti jenis bahan bacaan berperan dalam pembentukan kemampuan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design posttest only. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dimana menggunakan alat peraga ADE dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan alat peraga. Hasil penelitian memperlihatkan penggunaan alat peraga ADE berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa. Analisis uji-t memperlihatkan skor t statistik senilai 2,506 dengan skor signifikansi 0,015 (p<0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan membaca kedua kelompok. Temuan ini menegaskan pentingnya peran orang tua dan guru dalam memfasilitasi perkembangan kemampuan membaca permulaan siswa. Penggunaan alat peraga dimana menarik terbukti efektif guna meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Membaca permulaan, Alat peraga ADE, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Subagia Adnyana
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:12
Last Modified: 10 Jul 2024 01:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20412

Actions (login required)

View Item View Item