PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Icahayati, Kadek (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031239-COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031239-ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031239-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031239-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031239-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031239-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031239-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031239-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031239-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e- komik berbasis kearifan lokal pada materi Cinta Indonesia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah ahli isi materi, ahli media pembelajaran, praktisi dan siswa. Objek pada penelitian ini adalah validitas media e-komik berbasis kearifan lokal pada materi Cinta Indonesia untuk siswa kelas V SD yang dikembangkan. Metode yang digunakan yaitu kuesioner dengan memberikan angket berupa instrumen lembar penilaian yang diberikan kepada 2 dosen sebagai uji ahli materi, 2 dosen sebagai uji ahli media, 2 guru sebagai respons praktisi, dan 31 orang siswa sebagai respons siswa. Berdasarkan hasil analisis data, persentase skor validitas media e-komik berbasis kearifan lokal dari ahli materi sebesar 96,16%, ahli media sebesar 94,29%, dan praktisi/guru sebesar 97,78%. Secara keseluruhan validitas media e-komik berbasis kearifan lokal yaitu sebesar 96,08% yang berada pada rentangan skor 90 sampai dengan 100% dan memperoleh kualifikasi sangat baik. Persentase skor dari respons siswa yaitu sebesar 92,42% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisi tersebut, media e-komik berbasis kearifan lokal pada materi Cinta Indonesia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media E-Komik, Kearifan Lokal, Cinta Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek icahayati
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:10
Last Modified: 10 Jul 2024 01:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item