PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SITUATION BASED LEARNING (SBL) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI DAN TINGKAT EFIKASI DIRI SISWA KELAS V DI SDN 1 BAKTISERAGA

Afni, Novita Nur (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SITUATION BASED LEARNING (SBL) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI DAN TINGKAT EFIKASI DIRI SISWA KELAS V DI SDN 1 BAKTISERAGA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2011031061-COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031061-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031061-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031061-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031061-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan; (1) perbedaaan kemampuan numerasi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Situation Based Learning dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Situation Based Learning. (2) perbedaaan tingkat efikasi diri antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Situation Based Learning dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Situation Based Learning. (3) perbedaaan kemampuan numerasi dan tingkat efikasi diri antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Situation Based Learning dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Situation Based Learning di kelas V SD di SDN 1 Baktiseraga Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain Posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Baktiseraga. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang diperoleh dari teknik cluster random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan numerasi pada kelompok eksperimen (31,3) lebih besar dari rata-rata skor kemampuan numerasi pada kelompok kontrol (29,3) dan rata-rata skor tingkat efikasi diri pada kelompok eksperimen (77,83) lebih besar dari rata-rata skor tingkat efikasi diri pada kelompok kontrol (66,83). Berdasarkan hasil analisis MANOVA data kemampuan numerasi dan tingkat efikasi diri menunjukkan bahwa nilai signifikansi (0,001) lebih kecil dari (sig. 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran Situation Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan numerasi dan tingkat efikasi diri siswa kelas V di SDN 1 Baktiseraga Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Situation Based Learning, Kemampuan Numerasi, Tingkat Efikasi Diri, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NOVITA NUR AFNI
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:27
Last Modified: 12 Jul 2024 01:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20438

Actions (login required)

View Item View Item