Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Laporan dan Minat Belajar Siswa SMA Kelas XI

Ariadi, Ni Made (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Laporan dan Minat Belajar Siswa SMA Kelas XI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229071005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229071005-ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229071005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (388kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229071005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229071005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229071005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229071005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229071005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229071005-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan menulis dan minat belajar siswa menjadi permasalahan yang harus diselesaikan. Untuk itu diperlukan penelitian untuk mencari solusi permasalahan ini. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis laporan dan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Selat dengan populasisiswa kelas XI sebanyak 328. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling, 180 siswa terpilih sebagai sampel penelitian dalam kelas eksperimen dan kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan 2 instrumen utama yang digunakan, tes keterampilan menulis laporan dan kuesioner minat belajar. Data yang diperloleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan multivariate analysis of variance pada taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis menunjukan : 1) secara simultan, terdapat perbedaan keterampilan menulis laporan dan minat siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media audiovisual dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (0,000<0,05), 2) terdapat perbedaan keterampilan menulis laporan siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media audiovisual dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (0,000<0,05), dan 3) terdapat perbedaan minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media audiovisual dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (0,002<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis laporan dan minat siswa baik secara simultan dan parsial. Ini berimplikasi pada didorongnya penerapan model discovery learning berbantuan media audiovisual untuk mengembangkan keterampilan menulis laporan dan minat siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, media audiovisual, keterampilan menulis, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: NI MADE ARIADI
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:24
Last Modified: 15 Jul 2024 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20544

Actions (login required)

View Item View Item