Suryaadnyana, I Kadek (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031195_COVER.pdf Download (282kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031195_ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031195_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031195_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031195_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031195_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031195_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031195_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031195_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kotak komponen ekosistem pada materi ekosistem kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan produk media. Model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek pengembangan ini adalah media kotak komponen ekosistem pada materi ekosistem kelas V sekolah dasar dan objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media kotak komponen ekosistem yang dikembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran kotak komponen ekosistem yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari uji validitas dari ahli materi 93,33% pada kualifikasi sangat baik, serta ahli media 94,17% pada kualifikasi sangat baik; uji kepraktisan dari respon peserta didik dan guru melalui uji coba peserta didik memperoleh hasil sebesar 93,33%, sementara dari uji coba guru memperoleh hasil sebesar 95%; serta uji efektivitas dengan uji-t berkorelasi memperoleh hasil t hitung 9,22 lebih besar dari nilai t tabel untuk dk = 34 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,69 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil data perbandingan pretest dan posttest peserta didik terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi ekosistem sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran kotak komponen ekosistem dalam pembelajaran di kelas, maka media pembelajaran kotak komponen ekosistem efisien. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran kotak komponen ekosistem sangat valid, praktis dan efektif diterapkan pada muatan IPA materi ekosistem untuk kelas V sekolah dasar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kotak komponen ekosistem, ADDIE, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Suryaadnyana |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:32 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20545 |
Actions (login required)
View Item |