Prabhawati, Ni Luh Made Tania Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA POSTER DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN TABANAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031084-COVER.pdf Download (462kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031084-ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031084-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031084-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Poster Digital Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Non-equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Gugus IV Kecamatan Tabanan yang sebanyak 429 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 63 siswa yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas IV A SD Negeri 1 Dajan Peken sebagai kelas eksperimen yang sebanyak 35 siswa dan kelas IV SD Negeri 8 Dajan Peken yang sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d) dan terdiri dari 30 butir soal yang sudah divalidasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hipotesis dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial teknik uji-t (polled varians). Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh harga thitung = 9,803 > ttabel = 2,000 ftabdengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan db = 56, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPAS anatara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media poster digital dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media poster digital. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media poster digital berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD Gugus IV Tabanan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Snowball Throwing, Poster Digital, Kompetensi Pengetahuan, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Made Tania Putri Prabhawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 02:37 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20596 |
Actions (login required)
View Item |