PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP SIKAP ILMIAH IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS I KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024

Sintarini, Ni Putu Ita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP SIKAP ILMIAH IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS I KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031267-COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031267-ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031267-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031267-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031267-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031267-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031267-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031267-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031267-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sikap ilmiah IPAS siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran POE berbantuan media lingkungan sekitar (2) mendeskripsikan sikap ilmiah IPAS siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran POE berbantuan media lingkungan sekitar (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE berbantuan media lingkungan sekitar terhadap sikap ilmiah IPAS siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan yakni eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian non-equivalent posttest only control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus I Kuta Utara Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 426 siswa. Teknik yang digunakan untuk penentuan sampel adalah cluster random sampling yang memperoleh kelas VB SD No. 7 Dalung sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SD No. 3 Dalung sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan non tes berbentuk kuesioner. Data sikap ilmiah yang diperoleh dari hasil pengumpulan data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan Uji-t polled varians. Hasil uji hipotesis menghasilkan bahwa thitung = 3,3 > ttabel = 1,673 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 28+29-2 = 55, sehingga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sikap ilmiah IPAS siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran POE berbantuan media lingkungan sekitar dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran POE berbantuan media lingkungan sekitar pada siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2023/2024. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE berbantuan media lingkungan sekitar berpengaruh terhadap sikap ilmiah IPAS siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: POE, Media Lingkungan Sekitar, Sikap ilmiah, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Ita Sintarini
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:47
Last Modified: 16 Jul 2024 03:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20599

Actions (login required)

View Item View Item