Desiyani, Ni Gusti Kadek Ristya (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PROFIL PELAJAR PANCASILA ASPEK KEBHINEKAAN GLOBAL DAN GOTONG ROYONG PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031243-COVER.pdf Download (432kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031243-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031243-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (74kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031243-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031243-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031243-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031243-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031243-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031243-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mengetahui validitas instrumen penilaian karakter profil pelajar pancasila aspek kebhinekaan global dan gotong royong siswa di sekolah dasar. (2) untuk mengetahui reliabilitas instrumen penilaian karakter profil pelajar pancasila aspek kebhinekaan global dan gotong royong siswa di sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan yang dibuat oleh Retnawati dengan 9 tahapan. Analisis validitas isi instrumen menggunakan rumus Gregory memperoleh indeks validitas isi sebesar 1 yang termasuk dalam kriteria validitas sangat tinggi. Instrumen yang dikembangkan menunjukkan bahwa 20 butir soal baik itu aspek kebhinekaan global dan bergotong royong yang diuji semuanya valid. Hasil reliabilitas dari perhitungan KR-20 diperoleh reliabilitas tes sebesar 0,87 untuk instrument aspek kebhinekaan global dan 0,88 untuk aspek bergotong royong. Berdasarkan kriteria hasil tersebut menunjukan instrumen memiliki reliabilitas sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi profil pelajar Pancasila aspek kebhinekaan global dan gotong royong muatan IPAS untuk siswa kelas IV sekolah dasar dengan kategori sangat baik dan bisa digunakan dalam proses evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Evaluasi, Kebhinekaan Global, Gotong Royong |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Gusti Kadek Ristya Desiyani |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 00:09 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 00:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20641 |
Actions (login required)
View Item |