Wirawan, I Kadek Hera (2024) Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031056-COVER.pdf.pdf Download (641kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031056-ABSTRAK.pdf.pdf Download (209kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031056-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031056-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (269kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031056-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa materi “wujud zat dan perubahannya” akibat dari guru yang kurang dalam menerapkan pembelajaran dan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hasil belajar IPAS muatan IPA materi “wujud zat dan perubahannya” antara kelompok siswa yang diajarkan dengan Discovery Learning berbantuan Power Point Interaktif dan kelompok siswa yang diajarkan tidak dengan Discovery Learning berbantuan Power Point Interaktif pada siswa kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain The Non Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Buleleng. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Banyuning berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri 5 Banyuning berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik random sampling melalui cara undian kelas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial yang menggunakan uji t (Independent Samples T-Test). Hasil penelitian menunjukan bahwa, rata-rata skor hasil belajar pada kelas eksperimen (83) lebih besar dari kelompok kontrol (71). Hasil uji Independent Samples T-Test dengan SPSS diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) menunjukkan bahwa nilainya adalah 0,000 yang menerangkan bahwa lebih kecil dari 0,05 (Sig. (2-Tailed) < 0,05) sehingga H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning berbantuan media pembelajaran Power Point Interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar materi wujud zat dan perubahannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Power Point Interaktif, Hasil Belajar. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Hera Wirawan |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 00:11 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 00:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20643 |
Actions (login required)
View Item |