PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS SIKLUS PANCA PRAMANA TERHADAP KARAKTER GOTONG ROYONG DAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PANJI ANOM

Putri, Kadek Sinta Septia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS SIKLUS PANCA PRAMANA TERHADAP KARAKTER GOTONG ROYONG DAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PANJI ANOM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031224-COVER.pdf

Download (421kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031224-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031224-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031224-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031224-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031224-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031224-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031224-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031224-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains berbasis siklus panca pramana terhadap karakter gotong royong dan bernalar kritis siswa kelas V SDN 1 Panji Anom. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif statistic deskriptif dengan desain post test only design. Pupulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas I-VI di SDN 1 Panji Anom yang berjumlah 199. Sampel penelitian ini diperoleh secara claster randem sampling dengan menentukan sampel bila objek yang akan diteliti atau jumlah data sangat luas sehingga di dapatkan kelas V SDN 1 Panji Anom yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes berupa kuisioner. Hasil penelitian bahwa nilai probabilitas (p) pada statistik Kolmogorov-Smirnov untuk pretest karakter gotong royong sebesar 0,200 dan posttest karakter gotong royong sebesar 0,093. Kemudian, nilai probabilitas (p) pada statistik Kolmogorov-Smirnov untuk pretest bernalar kritis sebesar 0,062 dan posttest bernalar kritis sebesar 0,200. Nilai probabilitas (p) tersebut lebih besar dari 0,05 sehingga H0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa sebaran data karakter gotong royong dan bernalar kritis berdistribusi normal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran sains berbasis siklus panca pramana berpengaruh terhadap karakter gotong royong dan bernalar kritis siswa kelas V SDN 1 Panji Anom, Kecamatan Sukasada, tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: panca pramana learning model, mutual cooperation, critical reasoning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek sinta septia putri
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:24
Last Modified: 18 Jul 2024 08:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20671

Actions (login required)

View Item View Item