Wulandari, Theresia Ayu (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tema Budaya Untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011061030-COVER.pdf Download (900kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011061030-ABSTRAK.pdf Download (620kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011061030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011061030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011061030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011061030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011061030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011061030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011061030-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui rancang bangun video pembelajaran audio visual tema budaya untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak Kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar, (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran audio visual tema budaya untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak Kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar, (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran audio visual tema budaya untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak Kelompok B TK Negeri Pembina Denpasar. Produk diuji oleh ahli isi pembelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, serta dengan subjek penelitian 3 orang siswa uji coba perorangan, 9 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas menggunakan 15 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Penelitian pengembangan menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuisioner serta menggunakan angket observasi (non tes). Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menemukan (1) Rancang bangun video pembelajaran audio visual dengan hasil penelitian dari rancang bangun dengan persentase 90% (sangat baik). (2) Uji kelayakan video pembelajaran menunjukan hasil validitas menurut ahli dan subjek penelitian secara berturut-turut dengan memiliki kategori baik dan sangat baik oleh karena itu video pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan pada pembelajaran. (3) Efektivitas video pembelajaran bedasarkan uji-t, dimana hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan, pemorelahan skor kemampuan Bahasa antara sebelum dan sesudah menggunakan media. Sehingga diperoleh hasil bahwa video pembelajaran efektif diterapkan pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Video Pembelajaran, Perkembangan Bahasa, Pendidikan Budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Theresia Ayu Wulandari |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 23:48 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 23:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20680 |
Actions (login required)
View Item |