Adhistyananda, I Komang Raditya (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN PKN MATERI PELAJARAN KEBEBASAN BERORGANISASI SISWA KELAS V SD NEGERI 7 PEMPATAN KECAMATAN RENDANG KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031183-COVER.pdf Download (834kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031183-ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031183-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031183-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031183-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031183-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031183-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031183-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031183-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun bahan ajar berbasis problem based learning materi pelajaran kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 7 Pempatan, kecamatan rendang kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2023/2024. Untuk mengetahui kelayakan ditinjau dari rancang bangun, uji isi, desain instruksional, media serta uji perorangan dan kelompok kecil. Serta mengetahui efektivitas bahan ajar berbasis problem based learning materi pelajaran kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SD Negeri 7 Pempatan, kecamatan rendang kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data memakai tes objektif pilihan ganda disertai kuesioner dak Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif serta statistic inferensial. Hasil penelitian rancang bangun bahan ajar berupa modul cetakdengan memperoleh skor persentase 100% dengan kualifikasi (sangat layak),hasil kelayakan oleh para ahli isi muatan pelajaran mendapatkan persentase 100% dengan kualifikasi (sangat layak), uji desain instruksional instruksional dengan persentase 100% dengan kualifikasi (sangat layak), hasil uji coba perorangan dengan persentase 92,5% dengan kualifikasi (sangat layak), hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 92,5% dengan kualifikasi (sangat layak) sehingga bahan ajar berbasis problem based learning layak untuk digunakan. Efektivitas bahan ajar berdasarkan perolehan thitung sebesar 20,85. Untuk dk: (n1-1) yaitu 10-1 = 9 tingkat signifikan 5% (α = 0,05) = 2,262. hal ini berarti thitung >ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berbunyi terdapat perbedaan yang signifikan perolehan skor tes sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar berbasis problem based learning materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis problem based learning efektif untuk digunakan pada pembelajaran kebebasan beorganisasi mata pelajaran PKN untuk siswa kelas V di SD Negeri 7 Pempatan tahun pelajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Bahan Ajar, Problem Based Learning, PKN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Komang Raditya Adhistyananda |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 06:17 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 06:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20745 |
Actions (login required)
View Item |