PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN SETTING REACT PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI SMAN 1 SUKASADA

Simanjuntak, Putri Marlina (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN SETTING REACT PADA MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI SMAN 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013021008-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013021008-ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013021008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013021008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013021008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013021008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013021008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013021008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013021008-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD dengan setting REACT pada materi gelombang bunyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah R & D (research and development) dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Menerapan model pengembangan Four-D (4D) dengan tahapan define (pendefisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Pengujian validitas LKPD diuji oleh dua orang ahli pendidikan Fisika. Pengujian kepraktisan diuji oleh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Sukasada. Pengujian keefektifan dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test kepada peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar validasi LKPD, lembar angket respon guru dan peserta didik untuk uji kepraktisan, dan lembar soal dan penilaian pre-test dan post-test. Data-data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dengan setting REACT memiliki persentase validitas media 80.00% berkategori sangat valid, dan presentase validitas materi 76.00% berkategori valid. Persentase kepraktisan yang didapatkan untuk indikator sangat praktis senilai 13.33% sedangkan indikator praktis senilai 35.00%. Tingkat keefektifan dilihat dari rerata skor pretest yang diperoleh siswa sebesar 27,00%, sedangkan rerata skor posttest meningkat menjadi 87,00%, sehingga LKPD dengan setting REACT efektif dipergunakan dalam pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD dengan Setting REACT pada materi Gelombang Bunyi Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukasada efektif dipergunakan dalam mata pelajaran Fisika. Produk ini memperoleh respons secara positif dari siswa yang diamati keikutsertaannya selama kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Setting REACT, Gelombang Bunyi, Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Putri Marlina Simanjuntak
Date Deposited: 20 Jul 2024 10:44
Last Modified: 20 Jul 2024 10:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20771

Actions (login required)

View Item View Item