Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Inspiratif Pada Siswa Kelas IX Taruna Jaya SMP Negeri 4 Singaraja

Dewi, Ni Luh Putu Ayu Pramesti (2024) Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Inspiratif Pada Siswa Kelas IX Taruna Jaya SMP Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf

Download (679kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah yang diambil oleh guru dalam mengajarkan penulisan teks cerita inspiratif dengan pendekatan kontekstual, mengevaluasi kemampuan siswa dalam menulis teks tersebut, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran di kelas IX Taruna Jaya SMP Negeri 4 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan beberapa langkah yang diambil oleh guru dalam pembelajaran, mulai dari penyampaian materi hingga penulisan teks inspiratif berbasis pendekatan kontekstual. Rata-rata nilai kemampuan siswa dalam menulis teks cerita inspiratif adalah 80, yang termasuk dalam kategori baik. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru, seperti kesulitan menginspirasi siswa, memotivasi siswa untuk menemukan ide, dan membangkitkan semangat siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menulis, teks cerita inspiratif, kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Ayu Pramesti Dewi
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:06
Last Modified: 22 Jul 2024 03:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20814

Actions (login required)

View Item View Item