PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Yoga, I Wayan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011051-COVER.pdf

Download (515kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011051-ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011051-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika SMP Negeri 3 Singaraja yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving berbantuan E-LKPD lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2023/2024. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh siswa kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dijaring dengan menggunakan tes essay. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa nilai t_hitung=2,22 dan nilai t_tabel=1,99 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, H_0 ditolak. Hal ini berarti bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika SMP Negeri 3 Singaraja yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving berbantuan E-LKPD lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving berbantuan E-LKPD dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran creative problem solving, E-LKPD, kemampuan berpikir kritis, soal cerita matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Wayan Yoga
Date Deposited: 22 Jul 2024 00:35
Last Modified: 22 Jul 2024 00:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/20819

Actions (login required)

View Item View Item